Sangger Pancong (SP)

Diantara beberapa minuman yang tersedia di warung kopi  (baca:warkop), saya paling suka dengan minuman yang satu ini. Sebutan untuk minuman ini adalah sangger pancong atau biasa di singkat SP. Ini karena sangger yang dituang ke dalam cangkir tidak sampai penuh jadi disebutlah pancong. Coba kalau penuh jadinya sangger penuh. Tetap sebutannya sp ya ? He..he..

“aduen sp beuh!” (bahasa aceh)  Itu lah kata-kata yang setiap kali saya ucapkan ketika mampir di salah satu warung kopi di Banda Aceh. Sangger sepertinya sudah menjadi minuman  favorit saya saat ini. 😀 Setahu saya, sangger hanya tersedia warkop atau cafe-cafe seputaran Banda Aceh.

Kalau berbicara minuman sangger, ada dua macam minum sangger,  ada SP dan SD. SP sebutan untuk sangger pancong sedangkan SD bukanlah sebutan minuman tapi adalah singkatan sekolah dasar. He.he. Loh apa hubungannya ? Ngak nyambung ya. 😀  Sebenarnya sebutan untuk minuman sangger yang ke dua adalah sangger dingin. Bedanya sangger dingin menggunakan ukuran gelas yang lebih besar dan tentunya menggunakan es batu.

Mungkin ada pembaca blog ini ada yang bertanya-tanya? Sangger itu minuman apaan ya ? kok lebih mirip capucino gitu ya. 😀 Sangger adalah salah satu jenis minuman yang diracik dengan kopi hitam pahit ditambah sedikit susu didalamnya. Jadi hampir persis seperti kopi susu kelihatannya tapi untuk rasanya jauh berbeda. Soal rasanya, sangger lebih berasa kopinya sedikit manis dan pahit kopinya itu pas. Ngopi Yuk! 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s