Melihat Hilal

Tadi sore, saya dan teman-teman astrolover berencana ingin melihat hilal. Sekitar pukul 18.00 wib, berangkatlah kami ke daerah SyiahKuala. Niat awalnya ingin ke Lhoknga, Aceh Besar tapi karena cuaca kurang mendukung akhirnya kami putuskan untuk mencari tempat yang lebih dekat.

Nah untuk melihat hilal tentunya harus menggunakan alat sakti yang bernama teleskop. Hari ini merupakan hari yang sangat bersejarah bagi saya. Loh kenapa ? Karena hari ini, untuk pertama kalinya saya bisa memegang dan sekaligus belajar menggunakan teleskop. Rasanya pertama kali menggunakan teleskop itu.., seperti terbang menggunakan roket saturn v, menjelajah luar angkasa, mengelilingi benda-benda langit dan mendarat dengan kapsul. Asekk. 😀

Sesampai di lokasi tujuan, sayang sekali sodara-sodara langit makin tertutupi oleh awan-awan tebal. Jadinya hilal tidak bisa terlihat. Walaupun demikian, tidak membuat saya putus asa, karena hari ini saya sedikit banyak mendapat tambahan ilmu tentang cara menggunakan teleskop dengan baik dan benar. Semoga bulan depan saya bisa melihat hilal kembali. Bagi yang ingin tahu lebih jauh tentang hilal bisa baca disini.

 


Leave a Reply

