Fireworks Show

DSC_0832Suasana Malam Takbiran Idul Fitri 1434H dimeriahkan dengan dentuman kembang api  di kawasan Jembatan Pante Pirak, Banda Aceh.

Inilah salah satu moment yang paling saya tungu-tungu selama ini. Mungkin pengunjung setia blog sianakdesa bertanya-tanya. Ya kalau tidak  ada juga tidak apa hehe 😀

Sudah lama sekali saya ingin memotret yang namanya kembang api, bukan kembang yang dibakar oleh anak sekolah dasar ya. Pastinya kembang api yang seperti di Eropa itu loh yang percikanya di langit bagaikan bunga-bunga api berwarna-warni indahnya. Amboi!!

Maklum saja, untuk bisa memotret kembang api di Banda Aceh sangatlah sulit. Jarang sekali ada pesta kembang api secara besar-besaran, kalaupun ada dalam setahun hanya bisa terjadi dua kali. Pertama pada saat tahun baru Masehi dan yang kedua pada saat malam menyambut Idul Fitri.

Nah, akhir kemarin malam saya berkesempatan juga memotret si kembang api. Kesempatan kali ini tidak saya sia-siakan. Butuh waktu setahun sejak saya memiliki kamera dlsr, baru saya bisa memotret kembang api dengan sempurna.

Memotret kembang api ternyata juga butuh kesabaran tingkat tinggi. Karena saya tidak tahu kapan waktu si kembang api meluncur ke langit. Berbekal settingan kamera manual yang sudah saya pelajari sebelumnya, sayapun tidak lupa berdoa semoga pada kesempatan ini berhasil. Jadi berdoa itu perlu sodara-sodara!

Ketika terlihat satu dentuman kembang api  yang mengarah ke langit, langsung saja tombol rana (baca: shutter) di kamera saya pencet. cetek! Dan akhirnya saya pun kali ini berhasil membawa pulang jepretan si kembang api. Semoga tahun depan bisa jepret-jepret kembali! Ini ceritaku mana ceritamu 😀

This slideshow requires JavaScript.

Salam jepret dari sianakdesa.

Lokasi : Jembatan Pante Pirak, Banda Aceh – Indonesia. Dijepret menggunakan camera : Nikon D3100 Lensa 11-16 mm.

22 comments on “Fireworks Show

  1. Eki Akhwan says:

    Tak percuma menunggu setahun. 🙂 Foto-fotonya elok! Selamat Idul Fitri!

  2. 'Ne says:

    keren-keren fotonya.. kembang apinya kelihatan cantik gitu 🙂

    oya met idul fitri, maaf lahir batin ya..

  3. chris13jkt says:

    Selamat Idul Fitri, maaf lahir dan batin ya Mas.
    Cakep foto-fotonya. Tidak percuma nunggu setahun ya.

  4. rusydi hikmawan says:

    wuih penantian yg menghasilkan. sy juga lagi belajar long shoot exposure pake kamera andro, walau hasilnya gak setajam kamera profesional yg mahal itu. sekalian mohon maaf ya, walau gak saling kenal, sak pernah ketemu, kita saling maafkan sj

    • sianakdesa says:

      Wah saya blum nyoba tuh klau yg di Android 😀 Saya pake kamera bukan profesional loh mas, ini cuman kamera biasa. Dan yang bikin mahal bukan kameranya tapi lensanya hehe..

      Ya ndak apa2 mas, salam kenal aja dari sianakdesa 🙂

  5. Inge says:

    keren..keren…kereeeennn! ngiler lensanya =))=))

    Selamat menikmati Hari Kemenangan ya. Mohon maaf lahir dan batin. 🙂

    • sianakdesa says:

      Makasih mbak saya memang keren ya hehehe 😛

      • Inge says:

        hahhhahahahahaahhahahahahahahaaha…iya, kalau dilihat dari puncak monas :p =))

      • sianakdesa says:

        Hahaha.. oya mas kok blognya g kupdate lagi 😛 lagi sibuk ya 😀

      • Inge says:

        waduh! belum ganti kelamin ini sayanya, kakaknyah hahahahaahahahahahahaahahaha

        #tepokjidat =))=))

      • sianakdesa says:

        Hahahaha… aduh sory mbak salah ketik 😀
        Maksudnya kok gak update lagi foto-foto di blognya gitu loh hehe

      • Inge says:

        iya, dah lama absen ini saya disini. tp diblog satunya yg disini lumayanlah, hampir tiap hari.

        eh ngomong2x, saya kemarin belajar shot bintang2x. maksud hati memotret meteor, apa daya tangan tak sampai hahahhahahahahaa…

        daku berharap bisa shot milky way sih meski hanya berbekal kit. nah kalau kata webnya earthsky, patokan aja di summer triangle. nah semalam kali kedua saya coba potret, tapi milky way nya belum kelihatan, hikss…

        ya masalahnya juga saya belum bisa kemana2x, hanya di belakang rumah saja. nah daku mau coba2x edit. pakai apa editnya bagus? di cs3 kita tdk bisa buka RAW filenya dari D3100. kalau dirimu pakai apa editnya?

      • sianakdesa says:

        Hehe.. mungkin semalam pada saat motret milkywaynya belum muncul. Masing2 kan beda-beda tergantung letak geografis. Atau biar lebih mudahnya coba mbak install aplikasi stelarium dan setting negaranya saat ini. Nanti bisa disimulasikan pukul berapa milkywaynya muncul disana. Atau kasih tau lokasinya aja mbak biar saya bantu liatin di stella.

        Cara lainnya.. bisa menggunakan bantuan aplikasi smartphone android atau iphone untuk mempermudahnya. Bisa pakai google sky map atau aplikasi sky map sejenisnya.

        Atau bisa langsung melihat ke langit, pedomanya rasi bintang scorpio. Cari bintang paling terang namanya antares. JIka sudah nemu si antares langsung lihat mengarah ke arah kiri bawah. Milkynya terletak di kaki rasi bintang scropio dan sagitarius.

        Kalau saya biasanya jadi pedoman motret milkyway ya itu rasi scorpio tapi klau pedomanya Summer Triangle juga bisa tegantung mana yg mudahnya mbak.

        Untuk editnya saya pake Lightroom atau pake aplikasi cameraraw aja atau aplikasi bawan nikon.

      • Inge says:

        kalau soal rasi bintang, kudu pelajari dulu…hahahahahahahaaha

        saya bacanya lewat webnya earthsky. katanya cari aja summer triangle, nah milky way nya lewat situ katanya.

        ya masalahnya juga kan saya hanya dari rumah, jadi memang masih terkena polusi cahaya kota, terutama lampu2x jalan, jadi memang sulit utk melihatnya dgn mata telanjang.

        nantilah pinjam smartphone teman dan minta dia cek lokasinya. soalnya dia pakai iPhone dan saya tahu dia ada install aplikasinya.

        mudah2xan ada kesempatan utk pergi camping.

        thanks anyway buat penjelasannya. pokoknya ntar kalau dah berhasil, saya upload di group

      • sianakdesa says:

        ok sip mbak. semoga sukses 😀

      • Inge says:

        andai tokinamu bisa didownload dari sini hahahahaaahahhahahaha 😛

      • sianakdesa says:

        Hahahaha.. memang tante tokina topbgt dahh 😀

  6. Cakep banget foto-fotonya, ternyata seru banget malam takbiran di Aceh ya 🙂

Leave a Reply

